Bagaimana sebuah kereta api cepat dengan teknologi superkonduktor bisa bergerak cepat dan stabil diatas rel ?

solusi #1 :
Disini (Prancis) hampir semua kereta yang ada menggunakan listrik, sudah tidak lagi menggunakan fuel, ataupun batu bara. saya katakan hampir semua karena saya sendiri belum melihat semua jenis kereta disini. Sebetulnya prinsip kerjanya sederhana saja, yaitu menggunakan dinamo untuk menggerakkan roda ( ini yang konvensional) sedangkan untuk yang spesial seperti kereta TGV, menggunakan medan magnet untuk menggerakan kereta diatas relnya ( terapung ) prinsip kerja dari kereta ini seperti prinsip kerja dari dua magnet yang didekatkan dengan kutub yang sama saling berhadapan ( terjadi gaya tolak menolak) sedangkan superkonduktor dimanfaatkan untuk meningkatkan efisiensi dari medan magnet yang dihasilkan dari arus listrik ……

26 Sep 2001,
Julyanto Sutandang

solusi #2 :
Bantalan magnet (magnetron ?) tidak hanya di bawah kereta saja,tetapi juga di samping kanan dan kiri seluruh badan kereta. Jadi saat akan turun maka diangkat, saat kekanan didorong ke kiri dan sebaliknya. Saat kereta berjalan informasi satu titik di badan kereta akan diinformasikan keseluruh magnetron, sehingga dapat selalu stabil. Kalau tidak salah prinsip kontrol dasar menggunakan linear motor diterapkan di sini.

Pada saat kereta berangkat dan akan berhenti, ban akan keluar, tetapi setelah berkecepatan tinggi, ban tersebut akan masuk ke kantungnya, prinsipnya seperti pesawat.Sedangkan sistem pengereman ada berbagai macam, ada yang menggunakan piringan (disc) atau konvensional seperti kereta biasa, bahkan seperti sepeda dengan menggesekan rem.

Semua ini adalah kereta2 yang sedang berkembang di Jepang melalui kuliah linear motor yang pernah saya terima 5 tahun yll, kebetulan sekali Matsuura sensei adalah pimpinan untuk pengembangan teknik linear train Jepang. Maaf untuk negara lain saya tidak tahu banyak. Semoga berguna pengalaman ini.

Josaphat Tetuko Sri Sumantyo

11 thoughts on “Bagaimana sebuah kereta api cepat dengan teknologi superkonduktor bisa bergerak cepat dan stabil diatas rel ?

  1. hii
    saya mahasiswa yang sedang mencari tugas akhir,saya ingin lebih tau secara detail prinsip kerja kereta api listrik apa anda bisa bantu saya?

    saya mohon sarannya
    thanks

  2. Salam Kenal
    Sebelumnya perkenalkan nama saya Rahmawati mahasiswa program studi pendidikan fisika semester 8 FKIP UNRI, rencananya ingin melakukan penelitian mengenai pembuatan grafik dengan excel untuk gelombang superposisi untuk diaplikasikan ke sekolah. Maka dari itu, saya mohon bantuan kepada saudara mungkin banyak tau mengenai program komputer. Dimohon dengan sangat bantuannya.
    Thanx ya atas infonya

  3. Salam kenal juga untuk Rahmawati,
    Saya kurang paham dengan apa yang Anda utarakan disini tetapi
    saran saya untuk simulasi semacam itu lebih baik jika menggunakan flash. Selain lebih interaktif dari sisi animasinya pun cukup menarik, sehingga siswa lebih terpacu untuk belajar.
    Aplikasi yang dibuat akan mensimulasikan pembuatan gelombang dengan fungsi gelombang yang sudah ditentukan sebelumnya, kemudian user dalam hal ini siswa hanya memasukkan besaran dari parameter pembentuk fungsi gelombang tersebut.
    Nah, dari perbedaan kedua fungsi gelombang tersebut jika disuperposisikan akan diketahui hasil dari bentuk gelombang baru.

  4. salam kenal….
    saya mahasiswa politeknik lhokseumawe, dan saya lagi menyelesaikan tugas akhir tentang spesifikasi kereta api listrik seperti : jenis motornya, daya, daya tampung keretanya..
    dan bisa gak saya buat simulasi tentang kereta api listrik?gmn caranya?

  5. shalom,
    saya mahasiswa tehknik gadjah mada,saya ingin tau bagaimana kerja kereta listrik sehingga dapat mengurangi gesekan,dan apa pengaruh dari medan listrik

  6. saya mahasiswi sipil universitas ndeso yang sedikit penasaran. bukankan TGV berjalan diatas rel konvensional? jadi tidak memakai levitasi magnetik melainkan memakai listrik. tetapi anda bilang memakai medan magnet.
    saya salah ya?

    saya jadi bingung…

  7. saya mahasisma UniMEd,..
    gimana cara kerja kereta api super ini…
    karena saya sangat tertarik untuk pembahasan ini

  8. Kreta api super konduktor yang konon kec. bisa 800 km/jam memang sebuah hasil karya yang spektakuler. antara rel dan roda terjadi tolakan (Efek Meissner) sehingga dengan kec tinggi seolah-olah bisa melayang. Tapi efek tersebut kan harus mengkondisikan bahan dalam suhu dibawah Tc. Bagaimana mengkondisikanhal tsb? memang sih kalau saya dengar sekarang lagi dikembangkan rist superkonduk dlm suhu kamar. Tlg penjelasannya yaaa! tlg juga penjelasan matematisnya bahwa bahan superkonduk bisa mengatasi B dan E dari luar. Thanks. Anam ’98 alumni fisika Unibraw malang.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s