Mencari software terbaik di dunia pengganti TOAD

TOAD – Tools of Oracle developer memang tools terbaik yang pernah saya gunakan untuk pl/SQLnya oracle, namun salah satu kelemahan dari TOAD adalah harga licence-nya yang cukup mahal – denger-denger sih bisa mencapai $800/licence. So, daripada beli mahal-mahal mencari tools pengganti TOAD adalah salah satu alternatif terbaik. Dari hasil bertanya kepada paman Google beberapa tools yang sudah saya coba diantaranya :

1. SQL Detective (http://www.conquestsoftwaresolutions.com/)
SQL Detective v4.01 memiliki fitur yang cukup lengkap bahkan dapat diakatakan powerful dari mulai session browser, fungsi debug, storage manager, database reporting, job monitoring dll. Namun, beberapa kekurangan yang dimiliki oleh sql detective satu diantaranya adalah penempatan icon dan fungsi GUI yang masih kurang user friendly . Contohnya yang paling sederhana adalah tombol (baca:icon) “Apply” yang hampir selalu ditempatkan di ujung kiri atas.  Hal lain yang perlu di wasapadai oleh pengguna SQL Detective adalah metode word wrap yang memberikan 1 karakter enter pada  new line. Kondisi ini akan berdampak pada tidak dapat berjalannya beberapa sensitive script seperti Obfuscation Javascript (Javascript yang telah disusun ulang menjadi 1 line panjang). Hal yang selalu membuat “desperate” adalah masih sangat seringnya terjadi error caused by unhandled exception. Pada saat error terjadi, alert akan muncul seperti gambar berikut dan aplikasi otomatis tertutup.

  1. Error

Salah satu contoh yang dapat memicu terjadinya bugs di sql detective v 4.2 :

  • Create table dengan nama tabel dan nama kolom sembarang, misal tbl_member
  • Pilih tbl _member yang sudah terbentuk kemudian klik kanan dan pilih truncate
  • Setelah selesai kemudian tekan icon refresh di atas grid data
  • bingo, You made it.. SQL Detective sucessfully shutdownUntuk masasalah style mungkin hanya masalah kebiasaan, namun masih sering munculnya error di SQL Detective membuat tools ini kurang di rekomendasikan.
  • 2. SQL Developer (http://www.oracle.com/technology/products/database/sql_developer/index.html)
    SQL Developer adalah tools gratis yang di sediakan oleh Oracle. Tool ini mungkin sengaja dibuat oleh Oracle untuk mengurangi dominasi TOAD (who knows?). Tools ini berbasis JAVA dengan nama awal RAPTOR. SQL Developer mengalami perkembangan sangat cepat, bahkan dalam hitungan hari sudah muncul patch untuk versi barunya. Pada saat kemuculannya SQL Developer memiliki fungsi yang sangat minim namun di versi 1.5.0.53 fungsi yang dimiliki cukup lengkap mulai monitoring session, export wizard, dependencies, code completion dll.
    Hal yang masih membuat minor dari tool ini adalah consume memory yang sangat besar (Java based). Untuk 1 koneksi ke localhost dengan 5 windows procedure/package editor dan 2 sql editor mengkonsumsi memory >191Mb. Di lapangan seorang programmer kadang diharuskan membuka lebih dari 1 aplikasi koneksi. So syarat mutlak untuk menggunakan SQL developer adalah spec pc/laptop yang harus diatas rata-rata dengan memori min 512Mb.

    3. GoldFish.Net© (http://www.conceptgeek.com/Home.aspx)
    GoldFish.Net© is a charityware program. Aplikasi ini memiliki fitur yang cukup lengkap seperti table properties (index, dependencies, trigers, constrains, save to excel, analyze table), left side object single tab, kill session, storage manager, database compare dan code snippet. Dari sisi consume memory GodfishNet mengkonsumsi memory sebesar ~17MB untuk 1 koneksi Hal ini karena goled fish menggunakan .NET framework.
    Selain masih dirasakan terlalu berat, kekurangan lain dari Goldfish.Net adalah seperti belum supportya sql editor untuk mengeksekusi script yang diawali dengan declare begin.. end dan belum memiliki fitur hot key. Untuk versi trialnya session dibatasi hanya untuk 5 user for concurrent user

    4.SQLDbx v.3.2.0 personal edition (http://www.sqldbx.com)
    Hal yang cukup menarik dari toos ini adalah code completion yang akan muncul ketika mengetikkan beberapa huruf. Code completion disini bisa berupa table, procedure, function atau bahkan reserved word. Fungsi di tools ini masih cukup standar dengan pemisahan masing object ke dalam menu terpisah.
    Untuk versi personal SQLDbx hanya mengijinkan 2 window text editor yang dapat dibuka. Dalam querynya SQLDbx tidak membatasi row yang akan ditampilkan alias semua row di fetch akibatnya untuk query data yang besar menjadi sangat lama, sehingga disetiap query harus ditambahkan statement rownum untuk membatasi data yang akan ditampilkan.

    5.DreamCoder Lite (http://www.sqldeveloper.net/)
    Dreamcoder membedakan object menjadi 5 bagian yaitu development, schema, security dan storage. Di versi lite-nya dreamcoder selain digunakan untuk develop aplikasi tools ini memiliki tools yang paling sering digunakan seperti create job, job monitoring, storage dan session monitoring tetapi beberapa fungsi utama ditiadakan seperti untuk melihat properti partition table dll. Salah satu kekurangan dari tools ini adalah tidak bisa melihat keluaran dari dbms_output.put_line pada jendela sql editor.

    6.SQL Tools (http://www.sqltools.net)
    SQL Tools dengan koneksi login dan multi tab untuk masing-masing objeck membuat tools ini dikenal sebagai TOAD look a like. Memiliki fitur yang cukup lumayan untuk sebuah tools freeware. Dari sisi memory consume SQL Tools sangat ringan untuk 1 koneksi hanya memerlukan sekitar ~10MB. Memiliki kelebihan berupa tools untuk export object database ke flat file. Sayangnya proses development untuk SQL tools sepertinya berhenti, padahal jika di teruskan SQL Tools akan menjadi tools yang banyak diminati.

    3 thoughts on “Mencari software terbaik di dunia pengganti TOAD

    1. Hello,

      Thank you for the review of GoldFish. Would you be interested in reviewing the latest beta copy? If so please send me an email.

    2. Hi Hernowo,

      Thank you for both your reply and your review again. I’ve sent you an email with the latest beta download link for GoldFish.

      The comments / suggestions from our users and reviews drive 100% of our development. I look forward to discussing your ideas for the product.

    Leave a Reply

    Fill in your details below or click an icon to log in:

    WordPress.com Logo

    You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

    Twitter picture

    You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

    Facebook photo

    You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

    Google+ photo

    You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

    Connecting to %s