Mengapa bahasa Inggris dijadikan bahasa Internasional

Mencoba mengetikkan sesuai judul post ini “Mengapa bahasa Inggris dijadikan bahasa Internasional” di google, dan hasilnya ditemukan banyak posting baik di blog , forum, yahoo answer atau google tanya jawab yang ternyata juga membahas masalah ini.

Menurut jokojowo di dalam blognya disebutkan bahwa alasan dari pertanyaan mengapa diatas adalah :

  1. Bahasa inggris merupakan bahasa tertua yang ada di dunia dan berasal dari dataran britania (sekitar abad ke 8)
  • Perkembangan kosa kata yang sangat pesat menurut tim riset gabungan peneliti Havard University dan Google mencatat penambahan kosa kata bahasa tertua di dunia itu mencapai 8.500 kata pertahun.
  • Sementara dari google tanya jawab menyebutkan :

    1. Karena dlu inggris merupakan kerajaan yang besar dan aktif melakukan pencarian dataran-dataran baru… lalu menjajahnya dan memperkenalkan bahasa inggris, sehingga banyak negara menggunakan bahasa inggris. So, dijadikanlah bahasa internasional
    2. karena inovasi dan penyebaran ilmu pengetahuan banyak yg dari barat, ilmuwan2, essay2, invention, innovation. dulu juga berlaku begitu ketika dunia keilmuan dikuasai arab > bahasa arab, latin > bahasa latin, yunani dan seterusnya. nah sekarang ini memang eranya dunia barat yg mayorritas berbahasa Inggris.

    Jika dilihat dari alasan jokojowo rasanya bahasa Inggris bukanlah bahasa tertua melainkan bahasa arab. Wikipedia menyebutkan bahwa :

    1. Bahasa Arab telah memberi banyak kosakata kepada bahasa lain dari dunia Islam, sama seperti peranan Latin kepada kebanyakan bahasa Eropa. Semasa Abad Pertengahan bahasa Arab juga merupakan alat utama budaya, terutamanya dalam sains, matematik adan filsafah, yang menyebabkan banyak bahasa Eropa turut meminjam banyak kosakata dari bahasa Arab.
    2. Seperti dengan bahasa Eropa lain, banyak kata-kata Inggris diserap dari bahasa Arab, selalunya melalui bahasa Eropa lainnya, terutama dari Spanyol dan Italia, di antaranya kosakata harian seperti “gula” (sukkar), “kapas” (qu?n) atau “majalah” (makhzen). Kata-kata lain yang sangat terkenal misalnya “aljabar”, “alkohol” dan “zenith”.
    3. Ada yang bisa bantu jumlah kosa kata bahasa arab?

    Setelah membaca link demi link dari hasil pencarian google beberapa jawaban yang rasanya masih masuk akal adalah :

    1.  Bahasa Inggris bisa menyebar karena pengaruh politik dan imperialisme Inggris dengan pepatah Inggris zaman dahulu yang menyebut Imperium Britania (British Empire) adalah tempat “Matahari yang tidak pernah terbenam” (“where the sun never sets”).

    2.  Bahasa Inggris adalah yang digunakan oleh Amerika Serikat. karena AS menang perang dunia 2, dan kemudian terjadi perang dingin yang secara de facto dimenangkan oleh AS, sehingga negara-negara lain secara otomastis harus mengikuti bahasa mereka, Bahasa Inggris.

    One thought on “Mengapa bahasa Inggris dijadikan bahasa Internasional

    1. nambah dikt, hampr sama jga sih kayk d atas,
      karena saat ini pemenangnya adalah negara mayoritas berbahasa inggris, mulai ekonomi, budaya, militer, hingga pengaruh politik. seandainya kerajaan majapahit dulu berkembang menjadi negara maju dan super power hingga berpengaruh kepada politik mayoritas negara dunia, seperti amerika, pastilah bahasa jawa atau bahasa melayu (melayu-indonesia, karena bhsa indonesia lebih simple dari bahasa jawa yang strukturnya mirip bahasa rusia, ada pengkotakan atau tingkatan kata. sehingga ad perbedaan bahasa ketika kita berbicara dengan orang yg lebih muda, sebaya, lebih tua & orang yang dihormati) yang dijadikan bahasa internasional.

    Leave a Reply

    Fill in your details below or click an icon to log in:

    WordPress.com Logo

    You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

    Twitter picture

    You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

    Facebook photo

    You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

    Google+ photo

    You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

    Connecting to %s