Nikkor 50mm f/1.2

Luar biasa memang lensa-lensa f/1.2 Nikkor ini (55/1.2 & 50/1.2), kebetulan saya pernah punya Nikkor 55/1.2 AI, menurut saya lensa ini bokehnya di f/1.2 sedikit lebih mantap dibanding Nikkor 50/1.2 AIS. mungkin karena pengaruh ada selisih 5mm juga
Namun untuk ketajaman di f/1.2 menurut saya 50/1.2 AIS lebih tajam dibanding kakaknya 55/1.2 AI

setelah sempat galau beberapa saat akhirnya saya lebih memilih memelihara 50/1.2 AIS saja, karena lensa ini tergolong unik dan punya signature tersendiri

Sosok Nikkor 50/1.2 AIS bagi saya pribadi :

1. Dia merupakan lensa tercepat (f/1.2) dari lensa Nikkor komersil yg masih diproduksi (brand new) sampai saat ini. dan uniknya Nikon sendiri belum membuat versi AF nya.
Berbeda dengan Nikkor 35/1.4 AIS (juga sama sampai sekarang masih diproduksi baru), namun sudah disertai versi AFS dengan Nano Coatingnya.

2. Wideopen f/1.2 nya menurut saya lumayan tajam, fokusnya cukup mudah, dan bokehnya luar biasa, setidaknya bila dibandingkan dengan karakter bokeh lensa 50mm Nikkor lainnya, yang kadang bereputasi buruk, banyak yg menilai bokehnya kasar dsb..
sehingga bagi saya f/1.2 lensa ini masih sangat terpakai, tidak seperti Nikkor 55/1.2 AI yg cukup soft di wideopen yg kadang lebih banyak kecewa saat melihat hasil fotonya, nyaris saya tidak pernah memakai f/1.2 nya 55mm ini
dengan Nikkor 50/1.2 AIS saya pribadi 90% selalu motret hanya di f/1.2 & 10% nya di f/2

3. Banyak review menyebutkan bahwa lensa Nikkor 50/1.2 AIS adalah lensa Nikkor paling tajam di f/2, dan mungkin saja review tsb ada benarnya. di f/2 lensa ini performanya sangat jauh meningkat dibanding di f/1.2, sangat tajam & tonalnya kontras
di f/2.8 dst sepertinya hampir sama saja ketajamannya dengan lensa-lensa 50mm Nikkor lainnya.

4. memiliki 9 blade.
entah penting atau tidak sih 9 blade itu ??
tapi setidaknya ada keunikan tersendiri, karena hanya 50/1.2 AIS dan sang legendaris Noct-Nikkor 58/1.2 AIS sajalah yg memiliki 9 blade di keluarga 50mm-an Nikkor manual yg biasanya 6-7 blade saja.

5. Build quality nya sama seperti lensa-lensa 50mm Nikkor AIS premium lainnya. cuma body nya paling bongsor saja

6. Terakhir …. karena saya pengguna sistem Nikon, maka saya cukup senang bisa berkesempatan memiliki lensa ini. walaupun harganya memang sedikit di atas lensa 50mm Nikkor AIS lainnya, namun bagi saya sangat layak bila dibandingkan dengan performanya.
selain lensa ini sebagai lensa Nikkor komersil tercepat yg masih diproduksi sampai sekarang, juga f/1.2 nya membuat dia menjadi lensa Nikkor 50mm yg memiliki bokeh terbaik sejauh ini.
dan di f/2 dia menjadi lensa paling tajam di keluarga lensa Nikkor 50mm (malah ada yg bilang juga berlaku untuk seluruh keluarga Nikkor bukan hanya 50mm saja), karena f/2 adalah puncak ketajaman lensa ini.

untuk urusan harga memang relatif, namun kalau dipikir & dihitung secara lebih santai sebetulnya Nikkor 50/1.2 AIS masih relatif terjangkau konsumen secara luas, bila dibandingkan dengan sang dewa-sang legendaris Noct-Nikkor 58/1.2 AIS yg super mahal & super langka itu. atau lebih extreem lagi bila harganya dibandingkan dengan lensa-lensa 50mm Eropa yang memiliki f/1.2 ke bawah.. yg bandrolnya tidak perlu ditanyakan lagi

maka apabila ada diantara Om-om yg membaca coretan ngawur saya ini dan kebetulan sedang galau akan lensa Nikkor 50/1.2 AIS,
saran saya sih selama menemukan kondisi lensa yang sesuai selera & cocok harganya, maka langsung sikat saja deh Om
dijamin tidak akan kecewa
atau malah mungkin kelak akan jadi satu-satunya koleksi 50mm Nikkor manual yg dipertahankan, mumpung Nikon belum membuat versi AF nya (dan semoga tidak pernah membuatnya, agar 50/1.2 AIS manual fokus ini tetap menjadi legenda sepanjang jaman)

hoebonela

Source : http://forum.lensamanual.net/viewtopic.php?f=12&t=399&start=50

One thought on “Nikkor 50mm f/1.2

  1. Wah, postnya masih baru, kebetulan saya juga sedang mencari lensa ini. Di Pasar Baru sudah susah dicari, sedangkan di internet juga kebanyakan thread yang menjual sudah lama berkisar tahun 2008-2012. Terima kasih atas berbagi pengalamannya menggunakan lensa ini

Leave a Reply

