Alasan Mengapa Kita Harus Rajin Makan Kurma

Buah kurma, baik yang segar maupun yang sudah dikeringkan, memliki berbagai manfaat sebagai berikut.

1. Manfaat kandungan serat

Seperempat (¼) mangkuk berisikan kurma segar maupun kurma yang sudah dikeringkan setara dengan 3 gram serat. Tiga gram serat sudah mencukupi kebutuhan serat harian pada pria dan wanita dewasa.

Di dalam buah kurma, serat yang tersedia adalah jenis serat pectin yang larut.

Dengan mengonsumsinya secara teratur, maka risiko terkena diabetes dan tekanan darah tinggi akibat kadar kolesterol yang tinggi, dapat dihindari.

Selain itu, rutin mengonsumsi serat juga dapat mencegah terjadinya obesitas, serangan stroke, penyakit jantung dan hipertensi.

2. Manfaat potasium

Memakan enam buah kurma akan memberikan tubuh manfaat 6 persen potasium dari kebutuhan harian tubuh.

Potasium membawa manfaat mineral dan elektrolit bagi tubuh, dan memicu pengeluaran enzim yang penting bagi metabolisme tubuh dan bagi kontraksi otot jantung, otot-otot dalam organ serta otot-otot kerangka tubuh.

Jika tubuh sampai kekurangn potasium, maka tubuh berisiko mengalami osteoporosis, stroke, batu ginjal hingga tekanan darah tinggi.

Bagi Anda yang sering mengonsumsi makanan yang kaya kandungan sodium, dibutuhkan juga asupan potasium yang menyeimbanginya.

Memakan kurma, maka keseimbangan di antara keduanya dapat dengan mudah dicapai.

3. Manfaat magnesium

Pada setiap 42.6 gram buah kurma atau lima sampai enam buah kurma, terdapat 5.8 persen kandungan magnesium dari asupan harian yang dibutuhkan oleh wanita serta 4.5 persen kandungan magnesium dari asupan harian yang dibutuhkan oleh pria.

Tubuh membutuhkan magnesium untuk metabolisme tubuh yang menghasilkan energi dan untuk mengolah vitamin dan mineral lain yang akan mempertahankan kekuatan tulang dan gigi.

Saat tubuh kekurangan magnesium, maka risiko menderita diabetes, depresi, osteoporosis, hipertensi hingga penyakit jantung akan meningkat.

Kebutuhan akan magnesium juga akan meningkat pada wanita yang sedang hamil, atlet yang sedang menjalani latihan fisik yang berat serta mereka yang sedang dalam masa penyembuhan dari penyakit yang sudah berlangsung lama serta penyembuhan pasca operasi perlu banyak mengonsumsi kurma.

4. Manfaat antioksidan

Jenis kurma seperti Fard, Khala dan Khasab mengandung kadar konsentrasi anthocyanins dan karotenoid yang tinggi.

Keduanya merupakan jenis antioksidan yang penting bagi tubuh. Selain itu, buah kurma juga mengandung antioksidan polyphenol yang baik bagi Anda yang sedang berdiet.

Manfaat lain dari konsumsi rutin buah kurma yang kaya akan antioksidan ini adalah terhindarnya penyakit seperti diabetes, kanker, penyakit jantung dan masalah saraf yang di masa senja dapat mengakibatkan penyakit alzheimer’s.

Tambahkan kurma selama bulan puasa dan teruskan kebiasaan mengonsumsinya setelah melewati bulan Ramadan untuk manfaat kesehatan yang lebih maksimal dan menyeluruh.

(PA/dr Rahajeng AP/meetdoctor)

Sumber : tribunnews.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s